Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gila! Inilah deratan manusia dengan IQ tertinggi dunia

IQ rata-rata manusia adalah 100. Dan Albert Einstein, yang (mungkin) tidak pernah melakukan tes IQ, diestimasi memiliki dengan IQ 160. Tapi nyatanya, dilansir dari Reader’s Digest, ternyata ada orang-orang yang tingkat IQ yang melebihi 160. 

Penasaran siapa saja?

Jacob Barnett: IQ 170
Jacob Barnett didiagnosis dengan autism pada usia 2 tahun – hingga dokter saja waktu itu memprediksi kalau Barnett tidak akan pernah bisa mengikat tali sepatunya sendiri. Tapi hal ini tentunya tidak terjadi. Barnett menyelesaikan kelas 6 sampai kelas 12-nya dalam kurun waktu kurang dari setahun, dan berkuliah di usia 10 tahun! Di usia 13, Barnett sudah menjadi ahli fisika dan di usia 19 tahun, Barnett sedang mengenyam pendidikan S3.

Judit Polgár: IQ 170
Master catur asal Hungaria ini dianggap sebagai salah satu pemain catur wanita terbaik sepanjang masa. Polgár menjadi pemain termuda yang menjadi International Grandmaster di usia 15 tahun 4 bulan.

Rick Rosner: IQ 192-198
Rick Rosner telah melakukan lebih dari 30 tes IQ dan hasilnya, menurut berbagai sumber, berada di rentang angka 192-198. Sebelumnya Rosner pernah bekerja sebagai seorang penari dan model nude, dan pernah menuntut stasiun TV ABC setelah kalah pada acara Who Wants to Be a Millionaire pada tingkat $16.000, karena pertanyaannya dianggap tidak benar. Tapi, Rosner tidak memenangkan gugatan tersebut. 

Evangelos Katsioulis: IQ 198
Evangelos Katsioulis, MD, MSc, MA, PhD, memiliki gelar dalam bidang filosofi dan teknologi riset medis.

Sho Yano: IQ 200
Dokter Amerika Sho Yano mulai berkuliah di usia 9 tahun, dan mendapatkan gelar Master dan Doktor di saat Yano berusia 21 tahun. Yano memiliki sabuk hitam di taekwondo, dan mulai menciptakan lagu di usia 4 tahun. Yano memfokuskan bidangnya pada neurologi anak-anak

Nathan Leopold: IQ 200
Nathan Leopold dapat berbicara 9 macam bahasa di usia 18 tahun, tapi sayangnya Leopold tidak memanfaatkan kejeniusannya dalam bidang edukasi atau penelitian. Leopold dan temannya ditangkap atas tuduhan pembunuhan di 1924, dan menghabiskan 33 tahun penjara. 

Marilyn von Savant: IQ 228 
Di usia 10 tahun, Marilyn von Savant melakukan tes Stanford-Binet yang hasilnya menunjukkan kalau von Savant memiliki IQ 228. Von Savant sempat memecahkan rekor Guinness World Record sampak akhirnya kategori tersebut dihapus karena angkanya dianggap tidak akurat.

Ainan Cawley: IQ 263
Cawley yang berasal dari Irlandia ini mengambil jurusan kimia untuk tahun ke-3 di Singapore Polytechnic saat Cawley berusia 8 tahun. Di usia 9 tahun, Cawley telah menghafal 518 desimal pertama dari Pi. Cawley bahkan pernah menulis naskah dan menciptakan lagu untuk sebuah film pendek yang berjudul Reflection di usia 12 tahun.


Sumur