Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bos hobi marah? Ini cara yang wajib kamu lakukan!

Menghadapi bos yang cerewet memang susah-susah gampang, apalagi kalo bos tersebut perempuan, yang lagi PMS Hhhaa kelar idup loe!
Jangankan kesalahan besar, beberapa kesalahan kecil yang kamu lakukan bisa dibesar-besarkan oleh atasan yang cerewet. Kalau kamu yang kerja tidak beres terus dimarahin sih wajar, tapi kalau kamu sudah kerja dengan maksimal tapi masih dimarahin juga siapa coba yang kaga ngerasa Hmmp!

Tapi setiap orang memang punya respon yang berbeda-beda ketika dimarahin si bos. Ada yang bisa santai kaya di pantai dan menganggap cuma angin lalu, tapi ada juga yang sakit hati sampe mau resign. Kalau kamu gimana?

Ok! Sebelum marah dan membantah sebaiknya kamu baca dulu tips berikut:

1. Ketika bos sedang marah, kamu diam aja dan jangan membantah apapun perkataannya
Namanya juga lagi marah, pasti bakal lebih marah apabila dibantah. Demikian pula si bos. Mereka juga manusia. Jadi ketika ia marah, maka kita sebagai bawahan yang baik, ramah dan tidak sombong! harus bisa memaklumi hal tersebut. Biarkan saja dulu atasan marah dengan ekspresinya yang dramable.

Memang rasanya kagak enak ketika kita nggak salah tapi dituding salah. Tapi sebaiknya kamu jangan membela diri dulu, dan jelaskan di lain waktu saja. Berusaha membela diri saat dimarah-marahin bos dijamin nggak akan membantu kamu untuk keluar dari permasalahan.

2. Saat bos kasih perintah, Langsung iya-in aja
Habis dimarahin, dikasih tugas. Mantap kan? Hhhaa Iyain aja dulu permintaannya. Pada saat itu juga, jangan cari-cari alasan untuk menolak perintah. Bisa-bisa ada season kedua edisi marah-marahnya. Jika yang diperintahkan itu ternyata kamu tidak sanggup atau bukan porsi kamu utarakanlah dengan lembut.

3. Catat Argumennya


Saat sedang marah, kebanyakan orang akan berkata-kata tanpa berpikir. Bahkan seringkali mereka tidak ingat apa yang habis dikatakan karena sedang emosi. Hal ini tidak menutup kemungkinan kalau ia bakal mengubah argumen di kemudian hari.

Repot juga kan kalo kita sudah mengerjakan yang bos minta tapi masih lagi kena' salah karena tiba-tiba bos berkata lain! Karena itu untuk membalikkan keadaan pada saat kamu dalam situasi darurat begini, tunjukkan senjata pamungkas untuk mengingatkan dia saat dulu lagi marah-marah.

4. Dilarang baper dengan kata-kata yang bikin sakit hati
Kebanyakan orang yang sedang marah biasanya mengeluarkan kata-kata yang bisa buat kamu jadi sakit hati. Terus gimana caranya kita bersikap saat dimarahin dengan kata-kata yang kasar?

Hmmp Susah juga ya. Maunya sih santai aja, tetap stay cool meski kamu ngerasa udah pengen nangis.
 
Sudahlah, dilarang baper. Namanya juga bawahan, pasti ada saatnya dimarahin sama atasan. Begitu pula dengan bawahan yang lain. Jadi cukup dengarkan saja dan jangan masukkan ke dalam hati. Yang penting jangan sekali-sekali pasang mimik muka senyum-senyum sendiri.

5. Kerjakan semaksimal mungkin dan jangan molor waktu


Pasti ada penyebabnya kenapa orang bisa marah, apalagi bos cewek. Misalnya deadline tidak selesai pada waktunya, atau dandanan kamu lebih cetar membahana dari si bos cewek ini. Untuk menyiasatinya, cobalah kerjakan tugas dengan cepat dan benar, dan berdandanlah yang sewajarnya kalo mau masuk ke ruangan bos.  Kalau buat cowok, justru harus ganteng maksimal kayaknya nih.

Dengan begitu setidaknya kamu tidak lagi memancing emosi si bos. Atau coba deketin teman yang disayang bos, terus tanyakan hal-hal apa saja yang bisa nagedemin hatinya si bos.

6. Curhatlah dengan teman yang bisa dipercaya saja, dilarang bawel
Wajar kok kalau kamu pengen curhat ke rekan kerja setelah dimarahin bos. Tapi hati-hati jangan mengadu sana-sini. Pilihlah teman yang tepat untuk jadi tempat buang curhatan. Karena kenapa?? Bos biasanya punya dinding bertelinga yang banyak untuk menyerap informasi apapun dari siapapun. Jadi, curhatlah sewajarnya dan jangan ada drama diantara kita! .

7. Evaluasi diri sambil cari sisi positifnya

Dimarahin memang hal biasa. Seperti ujian dalam hidup, ada saat susah ada juga saatnya kamu senang dalam bekerja. Kalau tiba-tiba dimarahin bos, coba berpikir sejenak 'sebenernya apa ada yang salah dengan kamu?'

Jangan lupa, setiap bos punya catatan buruk tentang bawahan. Sekali kamu salah di matanya, catatan itu tersimpan rapi dalam memorinya. Makanya coba evaluasi diri dan perbaiki kesalahan itu dengan mengambil sisi positifnya. Karena kemungkinan kamu udah merasa kerja maksimal tapi ternyata belum dirasa cukup oleh si bos.

8. Jangan buru-buru resign, syukurilah kamu masih punya pekerjaan

Ada kalanya saat kita dimarahi, kita juga jadi ikut marah. Bukan cuma marah sama si bos, tapi juga marah sama keadaan. Semua hal berasa salah, termasuk juga pekerjaan kamu saat ini. Padahal tahukah kamu, secara tidak langsung mulai timbul sikap kita dengan tidak bersyukur atas nikmat yang sudah kita dapatkan.

Kita yang bekerja di kantor, pabrik dan sebagainya, coba lihat ada sekian juta orang yang masih mencari pekerjaan diluar sana.

Banyak pula para sarjana yang sampai saat ini masih susah dapat kesempatan kerja, lamar sana-sini, tes, bahkan sudah mulai setres kenapa cari kerja itu sulit. Sementara kita yang sudah bekerja, punya penghasilan mau cari-cari pekerjaan lain berharap ada yang lebih baik. Bukannya pesimis sih, tapi coba renungkan lagi apakah kesulitan yang kamu alami lebih besar dari nikmatnya gaji yang kamu terima? Kalo dimarahin itu masih menjadi sebuah hal yang kecil, bertahan saja dulu.

Dimarahin orang lain memang nggak enak, apalagi sama bos yang kata-katanya kasar luar binasah. Tapi cobalah untuk mengambil sikap yang benar dalam merespon masalah yang datang. Tidak perlu menghindari interaksi sama bos atau memusuhinya, apalagi langsung mau resign. Jadi setelah kena' marah ya bawa santai aja. Bos pun akan senang jika karyawannya setelah dimarahin ternyata bisa bersikap dan bekerja semakin baik.

Ingat, atasan tidak akan bisa menjalankan perusahaan tanpa bawahan, bawahan juga membutuhkan atasan buat approve gajian. Hhhhaaa