Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efek buruk minum kopi di pagi hari!

Kopi menjadi salah satu minuman wajib di pagi hari untuk sebagian besar warga Indonesia. Kandungan kafein yang ada di dalam kopi dipercaya dapat meningkatkan semangat sebelum memulai aktivitas. Dibandingkan dengan kopi arabica, kopi robusta adalah pilihan favorit masyarakat Indonesia karena kopi ini memiliki tingkat kafein yang lebih tinggi. Namun, tahukah kamu bahwa terlalu sering mengkonsumsi kopi akan memberikan pengaruh yang buruk bagi kesehatan? Menurut para ahli, kopi dapat mengakibatkan beberapa dampak yang tidak baik bagi tubuh. Berikut ini beberapa akibat fatal jika mengkonsumsi kopi secara berlebihan.

Asam lambung meningkat
Mengkonsumsi kopi secara berlebihan dapat menyebabkan meningkatnya asam lambung yang dapat menimbulkan penyakit maag. Untuk itu, mengkonsumsi kopi di pagi hari tidak disarankan karena dapat memicu penyakit maag atau membuat maag kamu semakin parah.

Kopi dapat merusak sel mulut
Jika terlalu sering mengkonsumsi kopi panas, kamu bisa saja terkena kanker mulut. Kandungan kafein yang ada dalam kopi dapat merusak sel-sel mulut. Rusaknya sel-sel mulut akan menimbulkan kanker di area sekitar mulut. Untuk meminimalkannya, kamu dapat mengkonsumsi kopi yang tidak terlalu panas.

Penyakit jantung koroner
Jika kamu termasuk pecandu kopi, maka kemungkinan, kamu memiliki kadar homosistein yang tinggi. Homosistein adalah asam amino esensial yang diproduksi tubuh saat memproduksi protein. Jika homositein kamu tinggi, berarti glutathione kamu rendah dan dapat meningkatkan resiko terkena berbagai penyakit termasuk jatung koroner.

Glaucoma yang rusak
Akibat terlalu banyak mengkonsumsi kopi dapat menyebabkan exfoliation glaucoma yang adalah gangguan pada mata. Melalui penelitian, terbukti bahwa mengkonsumsi 3 cangkir kopi dalam sehari dapat meningkatkan  gangguan pada glaucoma.

Seperti itulah dampak buruk kopi bagi kesehatan, sebaiknya segala sesuatu tidak dilakukan secara berlebihan karena akan menimbulkan efek yang kurang baik seperti halnya meminum kopi.