Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara memasang wiget komentar disqus di blog

Disqus adalah salah satu sistem komentar paling populer di luar sana untuk website ataupun blog. Yang membuat sistem komentar ini populer karena tampilannya yang responsif dan SEO friendly, selain itu juga sistem komentar pihak ketiga Disqus ini memberikan kamu keleluasaan untuk mengontrol komentar di blog kamu.

Jika kamu memasang komentar Disqus di Blogspot, kamu tidak perlu khawatir kehilangan komentar yang telah di berikan pengunjung blog kamu pada sistem komentar bawaan default Blogger, karena kamu bisa mengimpor-nya ke Disqus.

Beberapa fitur yang terdapat pada sistem komentar Disqus:
  • Pengguna dapat mengedit komentar, membagikan komentar ke sosial media seperti Twitter, Facebook, ataupun lainnya, dan juga dapat berlangganan komentar.
  • Mendapatkan notifikasi ke email setiap ada komentar baru.
  • Dapat melampirkan file media seperti (gambar, video) dalam komentar.
  • Komentar Disqus bisa menggunakan
      <strong></strong>, <b></b>, <em></em>, <i></i>, <u></u>, <strike></strike>, <code></code>, <pre></pre>, <pre><code></code></pre>
  • Kamu dapat melihat aktivitas komentar pada situs anda dalam grafik.
  • Kamu dapat mengatur kustom avatar untuk komentar yang tidak menampilkan avatar.
  • Diskus memiliki pendeteksi spam yang makin hari semakin baik.
  • Bisa embed komentar pada postingan blog .
Apakah kamu tertarik memasang sistem komentar Disqus di blog? Jika tertarik silahkan ikuti langkahnya dibawah ini.

Langkah-langkah instalasi komentar disqus di Blog
  1. login terlebih dahulu ke akun blogger kamu.
  2. Silahkan kamu kunjungi halaman pendaftaran Disqus 
  3. Pada halaman awal Disqus silahkan kalian klik "Get Started" yang berada di pojok kanan atas.
  4. Selanjutnya silahkan kamu isi form pendaftaran akun untuk memulai Disqus lalu klik Sign Up. Untuk lebih cepat saya menyarankan agar kamu mendaftar menggunakan Google Plus dengan mengklik icon Google Plus,  kamu hanya akan diminta memasukan kata sandi untuk akun Disqus saja. Lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah.
  5. Jika sudah mengisi form pendaftaran maka akan muncul seperti gambar di atas sebelah kanan dan silahkan kamu klik "I want to install Disqus on my site"
  6. Selanjutnya kamu harus mengisi formulir pendaftaran lagi, kali ini bertujuan untuk mendapatkan URL shortname Disqus untuk blog yang akan kamu daftarkan.
    a. Organization : di biarkan dulu saja.
    b. Nama website : isi dengan nama blog kamu. contoh: demo blog (ini yang bakalan jadi URL shortname Disqus)
    c. Category : Pilih sesuai dengan topik yang relevan di blog kamu.
    Klik Create Site
    Disana akan muncul tulisan "Welcome to Disqus" beserta penjelasan singkat mengenai Disqus, jika kamu malas membacanya silahkan klik "Got it. Let's get started!"
  7. Disini kamu akan di suruh memilih platform sesuai situs yang kamu pakai, karena kita menggunakan Blogger maka klik icon logo Blogger.
  8. Setelah menekan ikon logo Blogger silahkan klik Add namablog to my Blogger site. lihat pada gambar 1 yang di tunjukan panah warna merah di bawah ini.
  9. Klik Menambah Widget maka kamu selanjutnya akan di bawa ke Layout (Tata Letak) Blogger. Klik Simpan pada pojong kanan atas.
    Jika pada saat menekan Menambahkan Widget terjadi bug kesalahan. Silahkan kamu terlebih dahulu bersihkan cache browser yang kamu pakai, kemudian mengulanginya lagi.
Setelah kamu memasang komentar disqus kamu tidak akan melihat komentar satupun di blog kamu, untuk dapat melihatnya kamu harus mengimpor dari komentar Blogger ke Disqus

Mengimport komentar Blogger ke Disqus
Untuk mengimport komentar dari sistem komentar default blogger ke Disqus, silahkan kamu kembali ke halaman pengaturan Disqus dan klik Tools - Discussions - Import (lihat Gambar 3 di bawah).

Pada layar berikutnya (lihat pada gambar 4 di atas) klik "Import comments from Blogger".

Dan selanjutnya Google meminta izin kepada kamu, cukup klik "Provide Access" dan pada layar berikutnya pilih blog kamu dan klik Import.

Di bagian atas dasbor Disqus kamu akan melihat pesan yang mengatakan impor kamu telah berhasil diupload dan sedang dalam antrian. (kurang lebih dalam bahasa indonesia-nya).
Impor komentar Blogger kamu ke Disqus bisa memakan waktu hingga 24 jam, sambil menunggu kamu dapat mengubah dan mengkonfigurasi pengaturan komentar Disqus lainnya.Impor komentar Blogger kamu ke Disqus bisa memakan waktu hingga 24 jam, sambil menunggu kamu dapat mengubah dan mengkonfigurasi pengaturan komentar Disqus lainnya.
Jika kamu bersedia untuk menggunakan sistem komentar pihak ketiga di blog kamu, Disqus adalah pilihan yang tepat di mana kamu akan mendapatkan banyak sekali fitur pilihan termasuk ads disqus