Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Jurusan Kuliah dengan Lulusan Bergaji Tinggi

Pada usia berapakah kamu mulai ambil ancang-ancang menentukan jurusan kuliah yang ingin diambil? Memilih jurusan kuliah enggak bisa dianggap enteng.

Images glints.id
Karena, sedikit banyak periode hidupmu satu ini akan menentukan kehidupan dewasamu. Enggak mau kan, menghabiskan waktu 4 tahun, bisa juga lebih, yang berujung sia-sia?

1. Teknik Pertambangan
Lulusan teknik pertambangan biasanya sih akan menjadi orang lapangan. Alias, mengeksplorasi bahan-bahan tambang yang ada di perut bumi. Mulai dari berlian hingga minyak bumi.  Mulai dari mendeteksi keberadaannya, hingga bertanggung jawab atas eksekusi penggalian.

2. Teknik Material dan Metalurgi
Jurusan satu ini mungkin agak asing namanya. Bidang kerja lulusan satu ini, berkaitan erat dengan Pertambangan. Bedanya, Teknik Material dan Metalurgi lebih spesifik mengkaji proses pengolahan dan perekayasaan mineral dan logam. Jurusan satu ini tergolong langka, lho!

3. Teknik Perkapalan
Teknik Perkapalan bisa juga disebut Arsitek Kapal! Kamu akan menimba ilmu perencanaan pembangunan sebuah kapal mulai dari bentuk badan kapal dan rencana umum, kebutuhan daya mesin, struktur dan stabilitas, serta pengoperasian kapal yang sudah jadi untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam hal sarana transportasi.

4. Teknik Nuklir
Di antara kamu ada yang ingin mengikuti jejak Prof. rer. Nat Evvy Kartini, salah satu ahli nuklir dunia? Berkecimpung di teknik nuklir, kamu akan mengakrabi prinsip-prinsip fisika nuklir.

Di dunia kerja, ilmu ini diaplikasikan untuk rancang, kembang, dan perawatan sistem fisi nuklir. Bisa di dunia kedokteran atau radioaktivitas lingkungan.   

5. Teknik Informatika
Informatika adalah ilmu yang mempelajar perangkat, baik sistem maupun alat, yang dapat menyebarkan informasi. Jadi, jika kamu memang tertarik dengan bahasa pemograman untuk menciptakan suatu sistem atau aplikasi canggih, ini bisa jadi pilihan tepat.

Namun jangan berkecil hati kalau kalau jurusan kuliahmu belum termasuk di 5 jurusan kuliah dengan lulusan bergaji tertinggi ini. Apapun perkerjaanmu, selama dilakukan dengan tulus dan tekun, pasti dapat mendatangkan kesuksesan!


Sumur