Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Skill Yang Wajib Anda Miliki Ketika Melamar Kerja!

Selamat bagi jutaan mahasiswa yang akhir-akhir ini sudah menyelesaikan semester akhir dan meninggalkan kampusnya, sudah ada yang berhasil nih dapaet sertifikasi magang di perusahaan tertentu, ada yang sudah dilirik sebagai pegawai tetap dan ada yang masih gini-gini aja belum ada kepastian masa depan, beuh baca ini dulu nih biar tahu skill apa sih yang bakal bikin calon boss berminat mempekerjakan kita? Malu kan kalau di cv kita nulis keahlian cuma "bisa menggunakan "microsoft word" nah langsung aja!

Belajar Bahasa Asing
Wow ini kedengaranya simple banget, belajar bahasa asing memang sesuatu dasar yang harus setiap calon pegawai punya, bahasa inggris ? Nomer satu dong! Tapi gimana kalau ternyata kita dipindah tugaskan ke keluar sementara yang kita tahu cuma bahasa inggris? Bisa banyak bahasa sekaligus bisa membantu cv kita cepet diterima loh apalagi kalau koneksi perusahaan tadi perusahaan yang basicnya ga cuma lokal! Belajar bahasa selain memperlihatkan skill ini juga menunjukan keseriusan dan etos kerja anda terhadap pekerjaan yang anda geluti loh!

Kekuatan Medsos
banyak media sosial yang dipakai perusahaan untuk mempromosikan produk ataupun jasa mereka loh, kecakapan kita dalam memilih media sosial populer untuk mengiklankan produksinya bakal mempengaruhi kinerja naik turunya profit perusahaan, perusahaan gede bahkan punya semacam tim gede untuk mengelola akun medsos mereka, sementara yang lebih kecil bisa aja menempatkan kita untuk menjadi admin media sosialnya.

Keaktifan atau kearifan kita menggunakan medsos ini juga berpengaruh kepada pekerjaan anda, pada tahun 2014 dalam sebuah survei perusahaan banyak memecat pegawainya karena postingan yang tidak pantas.

Bisa Programming
Gaji Programmer sekarang lumayan loh untuk ukuran perusahaan luar rata rata $77.000, skill di bidang program komputer, sangat membantu di industri sekarang, bahkan kalau kita sebenernya ga bekerja di perusahaan bidang software pun, kemampuan coding dan praktek logika dibutuhkan secara umum dalam bidang desain, managemen, proyek dan lainya!

Kemampuan Menganalisa Data!
Suka bolos mata kuliah statistika waktu jaman kuliah? Aduh rugi banget! Padahal perusahaan nyari calon karyawan yang bisa melihat data pasar, nafsirin statistik bisa ngitung dan memvisualisasikan hasil dan memproyeksikan pengamatan sangat dibutuhin oleh perusahaan! Ayo baca lagi buku buku kuliahnya!

Tukang Edit Foto
Kemampuan editing foto adalah skill yang harus kita miliki sebagai calon pegawai loh, setiap bisnis butuh foto yang mencolok dan mengundang orang untuk tertarik terhadap produk yang ditawarin, anda bisa jadi orang yang pertama ketika disuruh bos ngeditin fotonya jadi lebih putih di web perusahaan!

Si Pemecah Masalah
Setiap perusahaan butuh orang orang yang bisa problem solving dalam menghadapi situasi yang nanti jadinya tidak terduga! Mereka butuh solusi baru untuk setiap tantangan yang diterima sama perusahaan! Cara mengasahnya gampang! Sering seringlah ngejawab teka teki silang ataupun ngerjain soal Tes Potensi Akademik, jadi ketika bos membutuhkan, anda bisa berpikir secara Ideal, Identifikasikan masalahnya, tentuin masalahnya, periksa pilihanya, bertindak sesuai plan dan pahami konsekuensinya!

Si Ahli Bicara
Kemampuan kita berbicara di depan kelompok terkadang menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang,padahal ini adalah aset karir yang berharga buat anda, tidak hanya membantu dalam wawancara, tetapi juga membantu anda untuk memberikan gagasan dan ide dari sebuah proyek yang kita buat,yang bisa membuat boss anda lebih percaya dan terkesan atas proyek anda, jika memang kita merasa kita tidak dianugerahi kekuatan untuk berbicara di depan umum, tenang saja sekarang banyak kok kelas improvisasi dibuka, cuma dengan kursus dalam beberapa hari atau minggu, kegugupan anda akan hilang dan yang hadir cuma rasa percaya diri dan bangga.

Tukang Nulis
Nah hal yang dilihat pertama dalam melamar pekerjaan adalah isi cv anda! Bagaimana mungkin kalau kita menulis cv yang menarik tapi dengan penggunaan diksi yang salah, mau tidak mau ini tes pertama kita sebagai calon pegawai di perusahaan, sekalipun itu bukan perusahaan yang mewajibkan karyawanya 100% menulis, tapi keefektifan dan ketidakefektifan kita dalam menulis menunjukan kemampuan kita dalam berbahasa yang baik dan benar loh! Belajar lagi deh Bahasa Indonesia! Dan sekarang sadar kenapa dulu soal bahasa indonesia dibuat ribet?

Bisa Menyelam!
Penutup Tulisan ini adalah kemampuan kita untuk menyelam! Waduh apa hubunganya? Di suatu survey yang diadain Biro Statistik Tenaga Kerja di tahun 2014, banyak perusahaan yang menerima orang dengan kemampuan menyelam! Biro Penyelaman Komersial meningkat sebanyak 37% dimana ini artinya sektor dibidang air ini sangat dibutuhkan dan sedang booming akhir2 ini, seengaknya diperediksi meningkat tajem di tahun 2024. Menemani klien sambil ngajak nyelem bareng ga jelek juga

Nah itu beberapa skill yang harus dipunyai calon pegawai! Seengaknya kita punya dua skill dari kesemua yang udah tertera diatas! See you on top!