Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini 11 Inovasi Baru dari Google untuk Indonesia!

Google membuat pengumuman program baru dan capaian program lama mereka dalam hal pemberdayaan internet di Indonesia.

Total ada 11 hal yang diumumkan oleh raksasa internet tersebut. Beberapa di antaranya adalah soal Google Station, Google Assistant dalam bahasa Indonesia, hingga YouTube Go.

Program-program tersebut merupakan program yang sebagian sudah pernah diselenggarakan di negara lain, seperti India. Sementara sebagian lagi memang khusus dirancang untuk Indonesia.

Image Google for Indonesia: Tony Jeusgen, Managing Director Google Indonesia memaparkan inovasi terbaru dari Google untuk Indonesia

Konferensi Google for Indonesia diselenggarakan pada hari Kamis, 24 Agustus 2017 di Ciputra Artpreneur Theater, Lotte Shopping Avenue, Jakarta.

Digelar untuk kedua kalinya, Google for Indonesia memiliki tiga tujuan utama yaitu memberikan akses internet yang lebih baik, mempermudah akses informasi dan memberikan lebih banyak kesempatan bagi orang Indonesia untuk memanfaatkan internet.

Image Google for Indonesia digelar Kamis, 24 Agustus 2017 di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta

Lebih lengkapnya, berikut ini 11 program baru dan capaian program lama Google yang dibuat khusus untuk Tanah Air.

 1. Google Station
Untuk meningkatkan akses internet bagi masyarakat Indonesia, Google Station hadir di Indonesia, Dengan Google Station, kamu bisa menikmati koneksi internet yang cepat, aman dan mudah digunakan. Menjalin kerjasama dengan FiberStar dan CBN, Google Station siap menyediakan titik hotspot Wi-Fi di ratusan lokasi di Jawa dan Bali dalam setahun ke depan.

2. YouTube Go
Buat para pecinta video YouTube, YouTube Go akan segera diluncurkan di Indonesia YouTube Go merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk memudahkan akses menonton video dengan penggunaan data yang lebih hemat meski koneksi internet kamu lemah. Serunya, kamu bisa melihat ukuran file video yang ingin kamu pilih, dan bisa melihat preview video sekaligus menentukan ukuran file yang diinginkan sesuai video yang ingin ditonton. Dengan ini, kamu nggak perlu khawatir kuota kamu habis ketika nonton video Youtube.

3. Google Assistant kini Tersedia dalam Bahasa Indonesia!
Mulai hari ini, kamu dapat menikmati layanan Google Assistant pada aplikasi Google Allo dalam Bahasa Indonesia. Sekarang kamu dapat menggunakan Google Assistant kamu di dalam chat hanya semudah mengetik @google kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan yang ingin ditanyakan dalam Bahasa Indonesia. Penasaran? Cobain aja!

4. Shortcut di Google Search
Pengguna Google Search dapat menikmati fitur shortcuts atau cara cepat untuk mengeksplor berbagai topik yang diinginkan. Misalnya saja makanan terdekat, jadwal film bioskop, info seputar musik dan banyak lainnya.

Image Google for Indonesia digelar Kamis, 24 Agustus 2017 di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta

5. Informasi seputar Kesehatan
Indonesia menjadi negara kelima yang meluncurkan informasi kesehatan di Google Search. Bekerjasama dengan Rumah Sakit Mitra Keluarga, jawaban seputar kesehatan pada ftur Google ini, dapat memberikan detail secara lebih lengkap terkait gejala dan perawatan untuk 700 gangguan kesehatan. Jadi kalau kamu lagi bingung sama kondisi kesehatan kamu, bisa kamu tanyakan lewat ini.

6. Fitur Baru pada Aplikasi Waze
Aplikasi navigasi sosial, Waze menghadirkan fitur baru bagi para pengguna di Indonesia yaitu pencatatan plat nomor ganjil dan genap sesuai dengan peraturan yang berlaku di Jakarta sehingga dapat menerima notifikasi dan informasi sesuai kebutuhan navigasi lalu lintas sehari-hari kamu. Selain itu, Waze juga hadir dengan navigasi menggunakan Bahasa Indonesia dan meluncurkan Dian, asisten navigasi pribadi yang dapat menemanimu dalam perjalanan. Tersedia juga berbagai pilihan suara lain, dan kamu bahkan dapat merekam suara sendiri untuk digunakan sebagai panduan navigasi.

7. Program Developer
Sebanyak 25.000 orang telah mendapatkan pelatihan dari Google melalui kursus online dan workshop Indonesia Android Kejar. Kegiatan ini telah dialkukan di 6 kota di Indonesia dengan tujuan memeberikan pelatihan kepada 10.000 developer Android pada tahun 2020.

8. Google Primer
Buat kalian yang punya minat terjun di dunia bisnis, Google Primer merupakan aplikasi yang tepat banget Aplikasi ini siap membantu pengusaha Indonesia dalam mengawali, membangun dan mengembangkan usaha dan bisnis yang dijalani. Selain itu, Google Primer juga menyediakan pelajaran dan informasi bermanfaat seputar bisnis dalam Bahasa Indonesia, dan serunya lagi bisa diakses secara offline.

9. Gapura Digital
Gapura Digital atau Gerakan Pelatihan Usaha Rakyat (GAPURA) Digital merupakan program Google yang mengajak para pengusaha kecil untuk mengembangkan bisnis secara online. Sebanyak 6.500 orang telah mendaftar untuk ikut kelas Gapura Digital loh! Gapura Digital digelar sejak Mei 2017 dan mengajak pengusaha untuk mendapatkan ketrampilan baru untuk mengembangkan usaha mereka.

10. Womenwill
Pemberdayaan pengusaha wanita telah dilakukan oleh Google melalui program Womenwill. Sebanyak 7.000 wanita di 5 kota yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang dan Denpasar telah dikumpulkan melalui program Womenwill ini. Seperti diungkapkan Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia, program Womenwill bertujuan mengurangi kesenjangan di sektor bisnis bagi para wanita.

 Image Press Conference Google for Indonesia

11. Google.org
Google.org memberikan hibah kepada ICT Watch untuk project Smart Schools Online yang akan digunakan untuk melatih 35.000 siswa, pengajar dan orang tua tentang literasi digital dan keamanan online. ICT Watch merupakan lembaga non profit yang mendukung hak asasi manusia dan kebebasan berekspresi melalui internet.

Jadi gimana menurut kamu, Inovasi Google for Indonesia mana nih yang paling kamu suka?


Sumur