Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Asal mula kata 'BUG' dan 'Debugging' dalam istilah Komputer

Ada satu istilah komputer yang kita kenal sekarang untuk mengistilahkan sesuatu yang tidak berjalan dengan baik, cacat, tidak berfungsi pada suatu perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware) yaitu "BUG".

Bug dalam bahasa london artinya kutu.
BUG adalah kesalahan atau kegagalan dalam program komputer sehingga tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Contohnya : saat kita asik main game, tiba-tiba komputer hang atau macet.
Bug biasanya terjadi karena kekurang hati-hatian programmer dalam menulis program, bisa juga karena suatu program membutuhkan memori 128 MB dan komputer dengan memori 64 MB dipaksa untuk menyimpan program dengan memori sebanyak itu sehingga terjadi kegagalan karena kekurangan memori.

Istilah Bug  sendiri muncul pada tahun 1945 oleh Grace Murray Hopper (1906-1992). Grace Murray Hopper adalah  seorang matematikawan senior  yang bekerja pada Eckert-Mauchly Coporation yang mengoperasikan computer Mark II.

Pada tahun 1945 Mark II berhenti bekerja. Grace Murray yang bertugas sebagai operator computer waktu itu bersama teman-temannya segera mencari penyebabnya. Akhirnya mereka menemukan penyebabnya adalah bagkai sejenis kutu yang mati terjebak di dalam sebuah relay. Nah dari situlah sebenarnya pengertian BUG yang sesungguhnya (Serangga Komputer).

Grace menempelkan lalat teresebut pada logbook Mark II. Logbook itu adalah buku untuk mencatat aktivitas mesin Mark II. Selanjutnya jika Grace dan teman-temannya memperbaiki mesin computer mark II mereka menyebutnya “Debugging”.

Jadi "BUG" itu merupakan serangga

Dalam dunia pemprograman, istilah "BUG" lekat dengan istilah Debugging atau suatu proses dalam menghilangkan "BUG" dalam suatu program. Ada satu insiden "BUG" yang paling terkenal dalam dunia komputer, yaitu insiden Y2K. 


Insiden itu terjadi ketika pergantian tahun 2000, dimana insiden ini terjadi karena kebiasaan para programmer di era 1980 yang menyimpan tahun dalam format 2 angka. Hal ini tentunya menimbulkan masalah ketika dunia akan memasuki tahun 2000. Hal ini memunculkan ketakutan bahwa format tahun 2000 akan diinterpretasikan sebagai tahun 1900.

Jadi guys untuk saat ini "BUG" sendiri dalam dunia komputer biasanya pemograman atau software dengan adanya program yang tak berjalan. Bahkan para gamers pun yang di dalam permainan stag juga menyebutnya dengan istilah bug.

Nah dari situlah awal digunanakannya istilah Bug dan Debugging dalam dunia Komputer dan Grace Murray Hopper lah yang disebut sebagai penemu istilah “Bug”.